Cara Mengetahui SC / Shutter Count Kamera DSLR Nikon Canon

Saturday, July 18, 2015

Cara Mengetahui SC / Shutter Count Kamera DSLR Nikon Canon


Cara Mengetahui SC / Shutter Count Kamera DSLR Nikon Canon Kamera Dslr merupakan jenis kamera yang menggunakan sitem hitungan seperti sepeda motor yang ada kilometerannya, begitu pula kamera dslr juga memiliki hitungan SCnya atau biasanya di sebut Shutter Count (Berapa jumlah foto yang telah dihasilkan oleh kamera) nah untuk fungsinya SC sendiri sebagai tanda tolak ukur seberapa sering penggunaan pada kamera.


Cara Mengetahui SC (Shutter Count) pada Kamera DSLR Nikon dan Canon

Bila penggunaannya makin sering dan jumlah Shutter Countnya besar maka makin turun pula harga kameranya, sebaliknya bila Shutter Countnya sedikit/penggunaannya minim maka harganya juga biasanya mahal. Sebagain besar orang menjadikan tolak ukur untuk membeli  kamera dslr second akan mengecek seberapa sering penggunaannya dengan melihat jumlah Shutter Count yang ada pada kamera tersebut.

Nah bagaimana cara untuk mengecek jumlah SC (Shutter Count)
Ada dua macam cara untuk mengecek jumlah Shutter Count yaitu bisa menggunakan media Online dan juga bisa menggunakan aplikiasi, agar lebih menghemat waktu  berikut tipsnya cara melihat sebarapa banyak Shutter Count pada kamera

1.     Cek SC dengan Media Online
Untuk beberapa jenis kamera dlsr ada yang bisa di lihat jumlah SCnya dengan online ada juga yang tidak dapat di cek secara online harus menggunakan aplikasi atau dengan kecenter kamera yang dikota masing-masing.

Cek Online SC (Shutter Count) pada Kamera Nikon
Situs ini resmi milik perusahaan kamera Nikon yang di sediakan perusahaan untuk mengecek jumlah SC pada kamera, perlu di ketahui juga ada ada list jenis tipe kamera yang dapat di cek melalui situs tersebut yang tertera di dalam situs bagian bawah, cara pengecekannya cukup mudah dengan Upload hasil kamera terakhir kemudian akan muncul hasil secara detail informasi mengenai kamera tersebut.

Cek Online SC (Shutter Count) pada Kamera Canon
Sobat bisa mengecek SC khusus untuk kamera Canon jenis Eos tertentu yang memang telah di fasilitasi oleh pihak canon agar mempermudah pengecekan jumlah Shutter Cont, berikut jenis kamera Eos yang dapat di lihat.
1D*/5D/10D/20D/30D/40D/50D/300D/350D/400D/450D/1000D
Yang lain belum di fasilitasi, menurut pihak canonnya sendiri bisa di cek di senter yang ada di masing-masing kota yag terdsedia, saran dari saya kalo bisa di cek saja di Senternya biar akurat.

Situs Umum yang dapat melihat jumlah SC (Untuk jenis kameranya bisa di cek di situsnya masing-masing)
Situs ini menyediakan jasa pengecekan jumlah Shutter Cont pada beberpa kamera mulai dari Canon, Nikon, Samsung, Pentax dan Ricoh, untuk system pengecekannya hamper sama dengan situs milik Nikon dan Canon cukup dengan meng Upload hasil jepretan kamera terakhir sudah bisa melihat berapa jumlah SC yang ada pada kamera sobat.

2.     Pengecekan Dengan Aplikasi / Softwere
Bisa sobat tidak memiliki jaringan internet yang selalu on, ada alternative untuk mengecek SC pada kamera dslr dengan menggunakan aplikasi Opanda iExif
Aplikasinya bisa di download di sini  http://www.opanda.com/en/iexif/
Untuk sitem pengecekannnya sama cukup dengan mengupload hasil kamera sobat maka akan muncul hasil SC secara detail dan jenis kamera apa yang di gunakan. Cukup mudah bukan.

Saya juga pernah cari informasi di mbah google mengenai cara mengecek Shutter Count pada kamera Canon Eos 60D dan hasilnya berhasil dengan mengunakan aplikasi Astro Photography Tool yang bisa di download www.ideiki.com/astro/ Dan untuk cara  tutorial dan pengecekannya bisa sobat lihat langsung cararanya di sini  http://www.plazakamera.com/menghitung-shutter-count-kamera-dslr/

Bila ada pertanyaan dan saran mengenai informasi tentang kamera atau lainnya silahkan beri komentar di bawah sini, jika ada waktu luang kami akan sesegera mungkin berusaha menjawab dan menanggapi komentar anda sekian terimakasih atas unjungannya :)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui SC / Shutter Count Kamera DSLR Nikon Canon

0 comments:

Post a Comment